Jumat, 13 Juli 2018

Manfaat Dan Khasiat Bidara Maritim (Ximenia Americana L.)

 Bidara bahari yakni flora semak perdu yang hidup berada di sekitar bahari Manfaat dan Khasiat Bidara Laut (Ximenia Americana L.)
Tanaman Bidara Laut (Ximenia Americana L.)


Deskripsi Tanaman Bidara Laut

Bidara bahari yakni flora semak perdu yang hidup berada di sekitar laut. Tanaman bidara bahari ini mempunyai nama latin Ximenia Americana L. Sedangkan dalam dalama bahasa inggris flora bidara bahari ini mempunyai nama Tallow Wood. Tanaman bidara bahari ini tersebar pada tempat sub tropis dan tropis. Ciri-ciri flora bidara bahari ini mempunyai daun yang berbentuk bundar lonjong dan buah berbentuk bundar berwarna merah. Buah flora bidara ini mempunyai rasa masam. Kegunaan dan fungsi flora bidara bahari bagi sebagaian orang diangap sebagai flora liar. Namun yang jarang kita ketahui ternyata flora bidara bahari ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Bidara Laut

Jawa : Widara Laut
Sumatra : Bidaro
Maluku : Warna-warna

Klasifikasi Tanaman Bidara Laut

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Santales
Famili: Olacaceae
Genus: Ximenia
Spesies: Ximenia americana L. 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bidara Laut

Bidara bahari merupakan salah satu jenis flora yang berasal dari suku flora Olacaceae. Tanaman bidara bahari ini termasuk flora semak perdu dengan tinggi flora sanggup mencapai 4 m. Batang flora bidara ini kecil, berliku, percabanagan meranggas dan berkayu keras. Daun flora tumbuhan bidara bahari berbentuk bundar lonjong, agak tebal dan berwarna hijau. Buah flora bidara bahari berbentuk agak bundar saat muda berwarna hijau sedangkan pada buah yang sudah renta akan berwarna kemerahan. Biji flora bidara bahari bundar lonjong berwarna orange kecoklatan. Budidaya flora bidara bahari ini cara berkembang biaknya menggunkan biji. Habitat flora bidara bahari ini berada pada dataran rendah di sekitar pantai  tepi laut, pada savana kering, pinggir hutan atau hutan hujan yang renggang. Cara tanam bidara bahari ini memakai tanah berbatu atau berpasir dengan syarat hidup sedikit air dan intensitas cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Bidara Laut Yang Digunakan

Biji dan Akar

Kandungan Tanaman Bidara Laut

Tanaman bidara bahari mengandung tanin,  asam hidrosanik, minyak esensial, oleic, linoleic, linolenat, arakidonat, eicosatrienoic, erusat, asam nervonic, benzaldehida, sianida hydroxybenzyl dan isoforon.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bidara Laut Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bidara bahari dipakai untuk pencahar.
  2. Tanaman bidara bahari mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan sakit perut.

Catatan

Konsumsilah herbal flora bidara bahari ini dengan bijak dan sesuai takaran.
Load disqus comments

0 komentar